Minggu, 17 Mei 2015

Tagged under: , , ,

Manfaat dan Khasiat Alami Yang Luar Biasa Dari Buah Mentimun

Manfaat Alami Mentimun
Skylibkac - Mentimun atau cucumber (inggris), cimen (Karo), Timun (Jawa) merupakan tanaman tropis, asli Asia Tenggara. Buahnya berbentuk panjang, bagian pangkal berbintik – bintik banyak mengandung air. Buah mentimun berwarna hijau tua hijau muda dan berlilin putih. Bijinya banyak bentuknya lonjong meruncing dan pipih dan kalau masih muda bisa dimakan bersama bijinya.

KANDUNGAN NUTRISI DALAM MENTIMUN
Mentimun mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, mineral (Silika, Kalium, magnesium, fosfor, kalsium dan molibdenum) dan betacaroten. Kandungan trace mineral silica pada mentimun sangat dibutuhkan untuk memeprkuat jaringan ikat pada semenintraseluler otot, tendon, ligament, tulang dan tulang rawan. (dr. Setiawan Dalimartha dan dr. Felix Adrian, Penebar Plus)
Buah mentimun bisa dimakan segar, direbus, dikukus atau disayur. Sering juga dibuat acar atau dimakan sebagai campuran rujak.

·        Zat berkhasiat dalam 100 g mentimun

                              Energi               (kal)      14                    Karbohidrat        (g)      2
                              Kalium              (mg)    150                    Fosfor              (mg)    20
                              Magnesium       (mg)      12                    Kalsium            (mg)    12
                              Vitamin A         (IU)       42                    Vitamin C         (mg)      6
                              Folat                (mg)       14

KHASIAT MENTIUM

             Buah mentimun rasanya sedikit manis dan sifatnya dingin. Khasiatnya antara lain sebagai anti radang, penyegar badan, perangsang air liur, penghilang haus, diuretic dan pelembut kulit. Ascorbie cid (Vit C) dan Caffeic Acid pada mentimun dapat mencegah ritensi (timbunan) cairan. Itulah sebabnya parutan mentimun sering digunakan sebagai kompres pada kelopak mata yang bengkak dan radang kulit (dermatitis).
           
        Mengkonsumsi buah mentimun segar dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi, sariawan, radang tenggorokan, demam disertai rasa haus. Untuk mengeluarkan zat beracun, tumbuk daun mentimun segar secukupnya bersama segelas air dan gula batu seujung jempol (gula sesendok teh) disaring dan diminum.

            Pada pemakaian luar, buah mentimun diparut dan dipakai mengkompres demam luka memar, luka bakar, kulit terbakar sinar matahari, tersiram air panas, jerawat, membersihkan muka berminyak dan mengurangi radang kulit.

Mentimun Untuk Kesehatan Kulit dll.
Summary:
Untuk kesehatan kulit antara lain menyembuhkan luka bakar, menyembuhkan radang kulit, radang tenggorokan, mengatasi tekanan darah tinggi yang dikarenakan sifatnya yang dingin.

0 komentar:

Posting Komentar