Rabu, 11 Maret 2015

Tagged under: , ,

Cara BackUp Restore Database PostgreSQL dengan Command Prompt

Skylib, Cara BackUp Database PostgreSQL Dengan Command Prompt - Membahas database tidak lepas dari yang namanya backup dan restore tujuannya untuk mengamankan data kita jika terjadi masalah dalam program database ataupun melakukan migrasi database lama ke baru khusunya bagi yang menggunakan Postgre. Kali ini penulis akan menjelaskan proses backup dan restore dengan menggunakan command prompt, just simply.

Proses Backup Pertama, panggil aplikasi command prompt (CMD) lalu masuk ke direcktori postgre tempat pada folder bin dengan menggunakan CMD. Lihat gambar dibawah ini

1.1 Directory Postgre Folder Bin
Lalu lalu untuk melakukan backup ketikkan perintah pg_dump -U NamaUser NamaDatabase > c:\ (lokasi penyimpanan file yang anda tentukan). Lihat gambar dibawah ini kalau dalam gambar penulis menyimpannya di directory c:\

1.2 Printah BackUp
Setelah itu tekan enter dan isikan yang menjadi password anda. File backup ada pada lokasi yang telah anda tentukan sebelumnya.

Untuk proses backup sangat mudah bukan?

Berikut proses Restore tetap di directory Postgre folder bin masukkan perintah psql -U postgres -d NamaDatabaseTujuan < c:\ (lokasi file backup)


1.3 Restore File
Lalu tekan enter dan masukkan yang menjadi password anda.

Itulah proses backup dan restore pada database postgreSQL. Terima kasih kunjungannya semoga bermanfaat buat anda.

[Sumber]

0 komentar:

Posting Komentar